Skip to main content

ONDE-ONDE

KUE  UNIK  "ONDE-ONDE" KHAS SULAWESI



       Hallo..warga masyarakat Bugis, siapa yang tak kenal dengan kue khas unik  yang satu ini, ONDE-ONDE cukup terkenal sampai ke luar negeri ya, sampai bule-bule sampai terheran-heran, 'kok bisa gula merahnya sampai di tengah...???"
     
      Pada zaman dahulu tak lengkap rasanya jika di suatu pesta orang tak melihat kue onde-onde dihidangkan di meja kuenya, rasanya yang legit, lembut dan harum pandan, sampai kita rasakan gula merahnya yang selalu memanjakan lidah penikmatnya, seakan membuat kita melupakan utang yang sudah terbayar...(Hahahaa..)

      Nah..rahasianya ada pada cara pembuatannya, berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan Utama :

  • 150 gram tepung ketan
  • 1/4 sdt garam untuk kelapa
  • 125 ml air
  • 1/4 sdt garam untuk adonan tepung ketan
  • 150 gram kelapa
  • pasta pandan/pandan pasta (untuk warna luarnya aroma harum pandan) / warna sesuai dengan selera yah.

Bahan Isi :

* 100 gram gula merah

Cara Membuat Onde-Onde Aroma Pandan Khas Sulawesi-Selatan yang manis dan lembut.

  1. Pertama, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam. Aduk sampai merata, lalu kukus sampai matang.
  2. Potong kecil-kecil gula merah yang anda siapkan. Lalu bentuk gula merah menjadi bulat-bulat kecil dengan ukuran sesuai selera anda.
  3. Masukan tepung ketan yang sudah anda siapkan ke dalam wadah. Kemudian tambahkan garam dan air dan pasta pandan. Aduk sampai warna hijaunya merata hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  4. Ambil sedikit adonan, lalu pipihkan adonan tersebut.
  5. Beri sedikit bulatan gula merah di tengah-tengah adonan ketan yang sudah dipipihkan. Kemudian bungkus gula merah dengan menggunakan adonan ketan. Kemudian bentuk bulat.
  6. Lakukan langkah-langkah yang sama sampai adonan yang lainnya habis.
  7. Siapkan panci berukuran sedang. Lalu masukan air ke dalam panci secukupnya saja. Panaskan air hinga mendidih
  8. Kalau air sudah mendidih, masukan adonan yang sudah dibentuk tadi. Rebus sampai mengapung di dalam air sampai aroma pandannya tercium.
  9. Kalau sudah seperti itu angkat dan tiriskan.
  10. Masukan ke dalam air dingin. Kemudian angkat dan campurkan ke dalam kelapa parut.
  11. Jika selesai, anda bisa langsung menyajikannya, selamat menikmati.

       Kue khas unik onde-onde isi gula merah dengan aroma pandan sudah selesai dibuat. Silahkan Santap kue ini bersama dengan keluarga agar terasa lebih enak. Selamat Mencoba

Popular posts from this blog

KATARISALA

Yukk..Mari dicoba Kue Khas Bugis "KATARISALA"        Siapa yang tidak kenal dengan kue khas yang satu ini, lapisan atasnya manis dari bahan gula merah, telur dan tepung dan lapisan bawahnya beras ketan menjadikan rasanya terbagi dua manis, asin dan gurih bercampur dalam satu gigitan.        Kue khas ini biasanya disajikan di acara pesta perjamuan pernikahan, aqiqah atau acara pesta lainnya, tak lengkap rasanya jika tidak ada kue KATARISALA di dalam bosara dalam sebuah acara pesta masyarakat bugis. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya : Bahan A 200 gram beras ketan, direndam selama kurang lebih 1 jam. 125 ml santan segar dari 1/4 butir kelapa . 1 lembar daun pandan segar. 1/4 sdt garam halus. Bahan B 2 butir telur 100 gram gula merah, iris halus 20 gram gula pasir 20 gram tepung beras 90 ml santan segar dari 1/4 butir kelapa 1/4 sdt garam halus 1/4 sdt vanili bubuk Cara membuat: Adonan A Kukus ketan hingga setengah matang, angkat. Didih

BARONGKO

Ayoo...dikenali "Barongko"  Kue sehat khas bugis      Siapa yang tidak kenal dengan salah-satu Kue Barongko, kue tinggi serat dan low kolestrol, yang bahan utamanya terbuat dari pisang Kue ini adalah salah satu kue basah tradisional dari daerah Sulawesi Selatan khususnya daerah Bugis. terbuat dari santan, gula, telur dan irisan pisang kepok menjadi ciri khas dari kue barongko. Rasanya yang enak dengan tekstur yang lembut membuat kue barongko makassar banyak disukai oleh semua orang. dari anak kecil, para remaja, bahkan sampai orang dewasa dan orang tua.      Kue khas bugis ini Enak jika dilihat dari tektsur dan cara pembuatannya yang cukup sederhana.  tekstur lembek yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. berkembanganya kue barongko pisang yang merupakan kue barongko original, untuk saat ini dapat dikreasikan dengan aneka bahan lainnya. misalnya diberi tambahan bahan seperti buah nangka dan parutan kelapa. Berikut B